Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

DUNIA IT | Robot Tari Piring TEKNOKRAT Siap Tanding di Kontes Robot Seni Indonesia

 Teknokrat siap terjunkan Robot Penari Piring di KRSI 2012

BANDARLAMPUNG - Robot ’’Penari Piring’’ Teknokrat siap tanding di Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) 2012 Tingkat Nasional yang akan diadakan pada tanggal 28–30 Juni 2012 di Institut Teknologi Bandung (ITB).


Pembimbing Tim Robot Teknokrat Adrian Juan Siregar mengatakan, ajang KRSI yang digelar oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud ini telah diadakan sejak tahun 2009 dengan mengangkat tema Robot Penari Jaipong.
’’Kemudian pada tahun 2010 mengangkat tema Robot Penari Pendet dan tahun 2011 Robot Penari Kelono Topeng. Sedangkan pada tahun 2012 ini mengangkat tema Robot Penari Piring. Tahun 2011 lalu, Teknokrat meraih juara III KRSI Tingkat Nasional,” terang Adrian kemarin.

Dia menuturkan, Robot Seni Teknokrat ini dibuat oleh mahasiswa Teknokrat yang terdiri dari Devita Rulyana, Dewi Sriatun, M. Latif Ajis, dan Try Aprylia. Saat ditemui, tim ini sedang melakukan perancangan robot di bengkel robotik kampus setempat.

KRSI, imbuh Adrian, merupakan suatu ajang kompetisi perancangan dan pembuatan robot yang disertai unsur-unsur seni dan budaya bangsa. Tema KRSI tahun 2012 ini diselaraskan dengan seni budaya asli Sumatera Barat.

’’Pada KRSI ini, robot yang dibuat harus mampu melakukan gerakan menari mengikuti irama musik pengiring tari piring, dengan cara mendengarkan langsung dari sistem audio gedung lomba menggunakan sensor suara. Robot penari harus menyerupai struktur tubuh manusia dengan tinggi sekitar 55,5 cm diukur di posisi kepala. Berat robot total maksimum 30 kg, dan tegangan catu daya yang digunakan harus tegangan DC dengan besar tegangan tidak dibatasi,” papar Adrian.

Selain itu, dia memaparkan, pada saat perlombaan nanti robot harus dapat menari di atas arena persegi panjang berwarna merah atau biru berukuran 3.000 x 2.000 mm yang memiliki garis putih di permukaannya selebar 3 cm dengan membentuk jalur tertentu.

’’Waktu yang disediakan untuk setiap unjuk kebolehan tari dalam lomba ini adalah 3 menit sesuai dengan panjang atau durasi irama musik pengiring,” jelas Adrian.

Menurutnya, tim KRSI Teknokrat bisa bertanding di ajang tingkat nasional setelah melalui seleksi di tahap pertama, yaitu evaluasi administratif, serta tahap kedua melalui laporan kemajuan dan perkembangan pembuatan robot yang telah dikirimkan.
’’Tahun ini, target kami adalah juara nasional. Untuk itu, tim kami akan berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan robot sesuai kriteria penilaian perlombaan,” tuturnya.

    Pada kontes robot tingkat nasional tersebut, selain robot seni yang akan bertanding di KRSI, robot Teknokrat lainnya juga akan bertarung di ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) untuk divisi beroda dan divisi humanoid soccer league, serta Kontes Robot Indonesia (KRI).
Sebelumnya di kontes tingkat regional, tim KRCI Teknokrat mendapat juara I untuk divisi beroda dan juara III untuk divisi humanoid soccer league. Sedangkan tim KRI Teknokrat mendapat juara III. (rls/c1/gus)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DUNIA IT | Robot Tari Piring TEKNOKRAT Siap Tanding di Kontes Robot Seni Indonesia"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top