Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG

Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG - Hallo sahabat Rumah Musafir Ilmu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, Artikel Ringan Ria, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG
link : Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG

Baca juga


Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG

Cara membuat Proposal dan Laporan PTK untuk PLPG

Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG
Sesuai dengan Juknis, bahwa peserta PLPG Sertifikasi Guru diharapkan mampu membuat PTK dan Laporan PTK lainya untuk menggenapi masa pelatihan mereka selama di PLPG maupun kembali ke tempat tugas masing-masing. Namun mengingat sebagian guru masih bingung tentang tata cara membuat PTK maka disini saya memberi contoh pembuatan PTK.
Sebelum melaksanakan PTK, Guru wajib membuat Proposal dan kemudian baru Laporan PTK-nya. Pada dasarnya Proposal PTK dan Laporan PTK memiliki sistematika penulisan yang hampir mirip sehingga anda tidak perlu bingung mana yang proposal dan mana yang laporan.Berikut contoh sistematika penulisan Proposal dan Laporan PTK yang terdapat dalam buku Rambu-rambu Pelaksanaan PLPG tahun 2012

Pembuatan proposal dan laporan PTK

Judul
  • Maksimal 20 kata, spesifik, jelas menggambarkan masalah yang diteliti, tindakan untuk mengatasi masalah, hasil yang diharapkan, dan tempat penelitian
  • Untuk proposal, terdapat sub Judul Proposal dan untuk Laporan PTK terdapat sub Judul Laporan
Pendahuluan
  • Keberadaan masalah nyata, jelas, dan mendesak
  • Penyebab masalah jelas
  • Masalah dan penyebabnya diidentifikasi secara jelas
Perumusan dan Pemecahan Masalah
  • Rumusan masalah dalam bentuk rumusan masalah PT/PTK
  • Bentuk tindakan untuk memecahkan masalah sesuai dengan masalah
  • Secara jelas tampak indikator keberhasilan
Tujuan
  • Sesuai dengan rumusan masalah
Manfaat
  • Jelas manfaat hasil penelitiannya
Kajian Pustaka
  • Relevansi antara point-point yang dikaji dengan permasalahan
  • Jelas kerangka berpikir penelitiannya
Metode Penelitian
  • Jelas subjek, tempat, dan waktu (setting) penelitian
  • Ada perencanaan rinci langkah-langkah (skenario) PTK
  • Jelas dan tepat siklus-siklusnya
  • Kriteria keberhasilan
Jadwal Penelitian
  • Jelas jadwal penelitiannya dalam bentuk Gantt Chart (tindakan dimulai bulan kapan dan akan berakhir kapan). Klik link Gant Chart untuk melihat contoh pembuatannya.
Daftar Pustaka
  • Penulisan daftar pustaka sesuai ketentuan yang berlaku umum dalam penulisan Laporan Ilmiah
Penggunaan Bahasa
  • Bahasa baku sesuai EYD

Penjabaran Lebih jelas mengenai PTK

KATA PENGANTAR
HALAMAN PERSETUJUAN
(bila diperlukan, lazimnya diketahui dan ditandatangani oleh pimpinan/kepala sekolah setempat)
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
ABSTRAK
(Berisi judul, nama peneliti, uraian singkat PTK. Ditulis satu spasi dengan jumlah kata kurang lebih 250 kata. Disertai kata kunci)

BAB I. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah
Dalam latar belakang permasalahan ini hendaknya diuraikan urgensi penanganan permasalahan yang diajukan itu melalui PTK. Untuk itu, harus ditunjukkkan fakta–fakta yang mendukung, baik yang berasal dari pengamatan guru selama ini maupun dari kajian pustaka. Dukungan berupa hasil penelitian –penelitian terdahulu, apabila ada juga akan lebih mengokohkan argumentasi mengenai urgensi serta signifikansi permasalahan yang akan ditangani melalui PTK yang diusulkan itu. Karakteristik khas PTK yang berbeda dari penelitian formal hendaknya tercermin dalam uraian di bagian ini.

2. Perumusan Masalah
Permasalahan yang diusulkan untuk ditangani melalui PTK itu dijabarkan secara lebih rinci dalam bagian ini. Masalah hendaknya benar – benar di angkat dari masalah keseharian di sekolah yang memang layak dan perlu diselesaikan melalui PTK. Sebaliknya permasalahan yang dimaksud seyogyanya bukan permasalahan yang secara teknis metodologik di luar jangkauan PTK. Uraian permasalahan yang ada hendaknya didahului oleh identifikasi masalah, yang dilanjutkan dengan analisis masalah serta diikuti dengan refleksi awal sehingga gambaran permasalahan yang perlu di tangani itu nampak menjadi perumusan masalah tersebut. Dalam bagian ini dikunci dengan perumusan masalah tersebut. Dalam bagian inipun, sosok PTK harus secara konsisten tertampilkan.)

3. Tujuan Penelitian
Tujuan PTK hendaknya dirumuskan secara jelas.paparkan sasaran antara dan akhir tindakan perbaikan.perumusan tujuan harus konsisten dengan hakekat permasalahan yang dikemukakan dalam bagian – bagian sebelumnya. Dengan sendirinya,artikulasi tujuan PTK berbeda dari tujuan formal. Sebagai contoh dapat dikemukakan PTK di bidang IPA yang bertujuan meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran IPA melalaui penerapan strategi PBM yang baru, pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mengajar dan sebagainya. Pengujian dan/atau pengembangan strategi PBM baru bukan merupakan rumusan tujuan PTK. Selanjutnya ketercapaian tujuan hendaknya dapat diverfikasi secara obyektif. Syukur apabila juga dapat dikuantifikasikan.) Disamping tujuan PTK, juga perlu diuraikan kemungkinan kemanfaatan penelitian. Dalam hubungan ini, perlu dipaparkan secara spesifik keuntungan – keuntungan yang dijanjikan, khususnya bagi siswa sebagai pewaris langsung (direct beneficiaries) hasil PTK, di samping bagi guru pelaksana PTK, bagi rekan – rekan guru lainnya serta bagi para dosen LPTK sebagai pendidik guru. Berbeda dari konteks penelitian formal, kemanfaatan bagi pengembangan ilmu. Teknologi dan seni tidak merupakan prioritas dalam konteks PTK, meskipun kemungkinan kehadirannya tidak ditolak

4. Manfaat Penelitian
Menjelaskan manfaat penelitian ini untuk penambahan/pengembangan wawasan, manfaat aplikasi hasil penelitian bagi keberhasilan pembelajaran siswa, bagi guru, sekolah dan mungkin pihak lain yang relevan dengan pemanfaatan hasil penelitian ini

BAB II.LANDASAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

1. Tinjauan Pustaka
Pada bagian ini diuraikan landasan substantive dalam arti teoritik dan/atau metodologik yang dipergunakan peneliti dalam menentukan alternative, yang akan diimplementasikan. Untuk keperluan itu, dalam bagian ini diuraikan kajian baik pengalaman peneliti pelakju PTK sendiri nyang relevan maupun pelaku – pelaku PTK lain disamping terhadap teori – teori yang lazim termuat dalam berbagai kepustakaan. Argumentasi logic dan teoretik diperlukan guna menyusun kerangka konseptual. Aras kerangka konseptual yang disusun itu, hipotesis tindakan dirumuskan.

2. Kerangka Pemikiran
Kerangka pikir merupakan inti sari dari teori yang telah dikembangkan yang dapat mendasari perumusan hipotesis. Teori yang telah dikembangkan dalam rangka memberi jawaban terhadap pendekatan pemecahan masalah yang menyatakan hubungan antar variabel berdasarkan pembahasan teoritis.

3. Hipotesis Tindakan
Hipotesis Tindakan merupakan tindakan yang diduga merupakan tindakan yang diduga akan dapat memecahkan masalah yang ingin dibatasi penyelenggaraan PTK.

BAB III.METODE PENELITIAN

1. Setting Penelitian
Pada bagian ini disebutkan di mana penelitian tersebut dilakukan, di kelas berapa dan bagaimana karakteristik dari kelas tersebut seperti komposisi siswa pria dan wanita, latar belakang kemampuan akademik, kesulitan-kesulitan/kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran, latarbelakang sosial dan ekonomi yang mungkin relevan dengan permasalahan dan lain sebagainya. Aspek substantive kompetensi dan permasalahan yang dihadapi siswa dalam mata pelajaran pada kelas yang diteliti seperti IPA atau IPS atau Matematika kelas II SMP, juga dikemukakan pada bagian ini.

2. Subjek Penelitian
Pada bagian ini dijelaskan jumlah dan deskripsi siswa.

3. Variabel Penelitian
Faktor yang diselidiki) Pada bagian ini ditentukan variabel – variabel penelitian yang dijadikan titik – titik incar untuk menjawab permasalahan yang dihadapi. Variabel tersebut dapat berupa (1) variabel input yang terkait dengan siswa, guru, bahan pelajaran, sumber belajar, prosedur evaluasi, lingkungan belajar, dan lain sebagainya; (2) variabel proses pelanggaran KBM seperti interaksi belajar-mengajar, keterampilan bertanya, guru, gaya mengajar guru, cara belajar siswa, implementasi berbagai metode mengajar di kelas, dan sebagainya, dan (3) varaibel output seperti rasa keingintahuan siswa, kemampuan siswa mengaplikasikan pengetahuan, motivasi siswa, hasil belajar siswa, sikap terhadap pengalaman belajar yang telah digelar melalui tindakan perbaikan dan sebagainya.

4. Teknik pengumpulan data
Pada bagian ini ditunjukkan dengan jelas jenis data yang akan dikumpulkan yang berkenaan dengan baik proses maupun dampak tindakan perbaikan yang di gelar, yang akan digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan atau kekurangberhasilan tindakan perbaikan pembelajaran yang dicobakan. Format data dapat bersifat kualitatif, kuantitatif, atau kombinasi keduanya. Di samping itu teknik pengumpilan data yang diperlukan juga harus diuraikan dengan jelas seperti melalui pengamatan partisipatif, pembuatan juranal harian, observasi aktivitas di kelas (termasuk berbagai kemungkinan format dan alat bantu rekam yang akan digunakan)penggambaran interaksi dalam kelas (analisis sosiometrik), pengukuran hasil belajar dengan berbagai prosedur asesmen dan sebagainya.selanjutnya dalam prosedur pengumpulan data PTK ini tidak boleh dilupakan bahwa sebagai pelaku PTK, para guru juga harus aktif sebagai pengumpul data, bukan semat –mata sebagai sumber data. Akhirnya semua teknologi pengumpulan data yang digunakan harus mendapat penilaian kelaikan yang cermat dalam konteks PTK yang khas itu. Sebab meskipun mungkin saja memang menjanjikan mutu rekaman yang jauh lebih baik. Penggunaan teknologi perekaman data yang canggih dapat saja terganjal keras pada tahap tayang ulang dalam rangka analisis dan interpretasi data.

5. Analisis Data
Pada bagian ini menjelaskan teknik, tata cara/prosedur dalam menganalisis data, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Bentuk/jenis data dan uji statistic yang digunakan juga dijelaskan, misalnya rumus uji statistic dan lain-lainnya

6. Desain Penelitian
Pada bagian ini digambarkan rencana tindakan untuk meningkatkan pembelajaran, seperti : (1) Perencanaan, yaitu persiapan yang dilakukan sehubungan dengan PTK yang diprakarsai seperti penetapan entry behavior. Pelancaran tes diagnostic untuk menspesifikasi masalah. Pembuatan scenario pembelajaran, pengadaan alat–alat dalam rangka implementasi PTK, dan lain–lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan perbaikan yang telah ditetapkan sebelumnya. Disamping itu juga diuraikan alternatif solusi yang akan dicobakan dalam rangka perbaikan masalah, (2) Tindakan yaitu deskripsi tindakan yang akan di gelar. Scenario kerja tindakan perbaikan dan prosedur tindakan yang akan diterapkan, (3) Observasi yaitu uraian tentang prosedur perekaman dan penafsiran data mengenai proses dan produk dari implementasi tindakan perbaikan yang dirancang, dan (4) Refleksi yaitu uraian tentang prosedur analisis terhadap hasil pemantauan dan refleksi berkenaan dengan proses dan dampak tindakan perbaikan yang akan digelar, personel yang akan dilibatkan serta kriteria dan rencana bagi tindakan siklus/daur berikutnya.

BAB IV.HASIL PENELITIAN

Siklus I
Siklus II
Siklus III
Siklus berikutnya (jika ada)
Pembahasan antar siklus
Uraian tiap siklus meliputi: (a) Perencanaan tindakan (Skenario pembelajaran), (b) Pelaksanaan tindakan (deskripsi proses pembelajaran), (c) Pelaksanaan observasi (sajian hasil analisis data), dan (d) Refleksi (kajian terhadap indikator kinerja terhadap hasil dan proses pembelajaran dan analisis kritis hasil tiap siklus).

BAB V.SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan
Saran

DAFTAR PUSTAKA

Sumber
Semoga contoh pembuatan Proposal dan Laporan PTK untuk PLPG ini dapat membantu anda.


Demikianlah Artikel Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG

Sekianlah artikel Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG dengan alamat link http://bismillah-go.blogspot.com/2012/05/contoh-pembuatan-ptk-dan-laporan-untuk.html
Bagikan :
+
0 Komentar untuk "Contoh Pembuatan PTK dan Laporan untuk PLPG"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top