Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Info Terkini | Pesawaran Diguncang Gempa

 Gempa Guncang Pesawaran

GEDONGTATAAN – Gempa berkekuatan 5,3 skala richter (SR) melanda wilayah tenggara Kabupaten Pesawaran sekitar pukul 12.59 WIB kemarin (12/6). Kendati dirasakan hingga Kota Jakarta, peristiwa itu tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran Syamsu Rizal mengaku saat gempa terjadi langsung berkoordinasi dengan wilayah yang berpenghuni dekat titik gempa.
’’Bagian tenggara Pesawaran itu mencakup Kecamatan Punduhpedada. Nah, saya sudah berkoordinasi dengan aparat kecamatan di sana. Mereka mengaku memang merasakan gempa, tetapi hanya sekitar lima detik sehingga tidak sampai menyebabkan kerusakan,” ujarnya kepada Radar Lampung kemarin.

Dia menjelaskan, gempa yang terjadi kemarin juga tidak berpotensi tsunami. ’’Jadi, kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, jangan panik atau takut, karena gempa yang terjadi tidak sampai menimbulkan kerusakan ataupun korban jiwa,” ungkapnya.

Syamsul menambahkan, dari catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan kepada instansinya, gempa berada di 5,95 lintang selatan dan 105,33 bujur timur atau berpusat di 53 kilometer tenggara Pesawaran. ’’Ya, kita berdoa bersama, semoga tidak ada gempa lebih besar dari itu,” harapnya.

Sementara laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima dari BMKG, getaran gempa memang terasa hingga Jakarta. ’’Kedalaman gempa berada di 180 km,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho ketika dihubungi kemarin.
Selain Jakarta, gempa juga dirasakan di kawasan Sukabumi, Jawa Barat. Gempa itu hanya terjadi selama beberapa detik. Hingga saat ini, belum dilaporkan adanya kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa tersebut.

Terpisah, Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Crismanto menuturkan, gempa terjadi di Pesawaran disebabkan adanya pergeseran lempeng. ’’Ada penyusupan lempeng Indo Australia ke bawah lempeng Euroasia yang ada di bawah Pulau Sumatera. Pergeseran itu menekan secara kontinu sehingga menimbulkan pelepasan energi pada satu titik,” terangnya.

Oleh karena itu, gempa Pesawaran digolongkan ke dalam gempa tektonik. Menurut dia, sepanjang pantai barat Sumatera memang termasuk daerah rawan gempa. Tak hanya Pesawaran, daerah seperti Krui, Lampung Barat, juga termasuk daerah rawan gempa. ’’Yang perlu dipahami, daerah itu termasuk rawan gempa. Sepanjang pantai barat sampai Selat Sunda,’’ paparnya.

Jika ditilik dari kedalamannya yang sampai 180 km, tidak menimbulkan getaran ke permukaan bumi. Namun, menurut Crismanto, jika warga berada dalam gedung tinggi, maka ada kemungkinan merasakan getaran gempa.  ’’Karena faktor bangunan bisa juga memengaruhi. Semakin tinggi bangunan, semakin terasa goyangan akibat gempa,” ujarnya.

Crismanto mengimbau warga yang beada di pesisir barat Lampung tetap waspada dan menjaga kemungkinan terjadinya gempa. Warga juga diminta memperhatikan kondisi bangunan. ’’Jika memang kurang baik, tolong diperbaiki. Dan jangan meletakkan barang-barang sembarangan,’’ tukasnya.  (whk/wdi/jpnn/c1/ary)

Spesifikasi Gempa Pesawaran

Magnitude         : 5,3 Skala Richter
Waktu                : Pukul 12.59 WIB, 12 Juni 2012
Kedalaman        : 180 Km
Lokasi               : 5,95 Lintang Selatan, 105,33 Bujur Timur, 53 Km Tenggara Pesawaran
Tipe                   : Tektonik
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Info Terkini | Pesawaran Diguncang Gempa"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top