Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01

SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01 - Hallo sahabat Rumah Musafir Ilmu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Manajemen, Artikel Metodologi Penelitian, Artikel pendidikan, Artikel Ringan Ria, Artikel SIM, Artikel Skripsi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01
link : SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01

Baca juga


SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01

Metode Penelitian


Beberapa pandangan metode penelitian secara umum menurut para ahli :
1. Nasir (1988:51) =>Metode penelitian merupakan cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.
2. Sugiyono (2004: 1) =>Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
3. Winarno (1994) =>Metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yg teliti dan sistematik.
4. Muhiddin Sirat (2006) =>Metode penelitian adalah suatu cara memilih masalah dan penentuan judul penelitian.

Beberapa pandangan metode penelitian secara khusus menurut para ahli:
1. Metode Penelitian Historis
Menurut Jack. R. Fraenkel & Norman E. Wallen (1990 : 411) dalam Yatim Riyanto (1996: 22), dalam Nurul Zuriah (2005: 51) “metode penelitian sejarah adalah penelitian yang secara eksklusif memfokuskan kepada masa lalu”, sedangkan menurut Donald Ary, dkk (1980) dalam Yatim Riyanto (1996: 22) dalam Nurul Zuriah (2005: 51) “metode penelitian sejarah adalah penelitian untuk menetapkan fakta dan mencapai simpulan mengenai hal-hal yang telah lalu”.
2. Metode Penelitian Survey
Menurut Zikmund (1997) “metode penelitian survey adalah satu bentuk teknik penelitian di mana informasi dikumpulkan dari sejumlah sampel berupa orang, melalui pertanyaan-pertanyaan”, menurut Gay & Diehl (1992) “metode penelitian survey merupakan metode yang digunakan sebagai kategori umum penelitian yang menggunakan kuesioner dan wawancara”, sedangkan menurut Bailey (1982) “metode penelitian survey merupakan satu metode penelitian yang teknik pengambilan datanya dilakukan melalui pertanyaan – tertulis atau lisan”.
3. Metode Penelitian KKuantitatif
Menurut Jonathan Sarwonno (2006) “metode penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya”.
4. Metode Penelitian Eksperimen
Menurut Arikunto (2006) “metode penelitian eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu”.
5. Metode Penelitian Naturalistic
Bogdan dan Tylor dalam Moleong (1993:3) “metode penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati”.
6. Metode Penelitian Kebijaksanaan (Deskriptif)
Menurut Suharsimi Arikunto “metode penelitian kebijaksanaan adalah metode penelitiaan yang tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan tentang suatu variabel, gejala atau keadaan”.
7. Metode Penelitian Tindakan
Menurut Kemmis (1988) “metode penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik social”, sedangkan menurut Kemmis & Taggar (1988) dalam Zuriah (2003: 54) “metode penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif diri secara kolektif dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan pratek pendidikan sosial mereka, serta pemahaman mereka mengenai praktek dan terhadap situasi tempat dilakukan praktek-praktek tersebut.

DAFTAR PUSTAKA


Kamus Bahasa Indonesia

Arikunto, S (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Nazir, Mohammad (1999). Metode Penelitiaan. Jakarta: Erlangga

http://tonkin069.wordpress.com/kuliah/psikologi-pendidikan/bab-i-pengertian-kedudukan-dan-metode-metode-dalam-psikologi/

http://nurmanali.blogspot.com/2011/10/pengertian-metode-penelitian-ilmiah.html

http://blog.uki.ac.id/srieni/metode-penelitian/2-metoda-kualitatif-dan-kuantitatif/

http://rakim-ypk.blogspot.com/2008/06/metode-penilitian.html

Semoga Bermanfaat…!!!


Demikianlah Artikel SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01

Sekianlah artikel SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01 dengan alamat link http://bismillah-go.blogspot.com/2012/06/skripsi-pengertian-metode-penelitian.html
Bagikan :
+
2 Komentar untuk "SKRIPSI | Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli - 01"

Amiiin,...
mohon bantu doa agar bs slalu meng-share ilmu yang ane tau buat smua kawan2 shob.... :)

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top