Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

CPNS | Lampung Gagal Mengadakan Penerimaan CPNS 2012...??

BANDARLAMPUNG – Untuk tahun ini, Provinsi Lampung tidak mendapat jatah penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Usulan pengajuan yang dimasukkan oleh Provinsi Lampung dimentahkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepastian itu disampaikan Sekretaris Provinsi Lampung Ir. Berlian Tihang, M.M. di Bumi Kedaton Resort kemarin (13/6). Diakuinya, Pemprov Lampung sempat mengusulkan kembali kuota CPNS sebanyak 904 formasi.

’’Nah, itu usulan Pemprov Lampung. Tetapi informasi terakhir, tidak semua provinsi dibolehkan menerima. Termasuk Lampung,” kata mantan Kadis Bina Marga Lampung Utara ini.
Berlian menyatakan, pihak pemerintah pusat memiliki pertimbangan tersendiri untuk tetap menutup keran CPNS Lampung. ’’Mungkin saja mereka beranggapan Lampung ini masih cukup jumlah pegawainya. Atau mungkin mereka melihat dari sisi anggaran 2011 di mana provinsi yang anggaran belanja pegawainya lebih besar,” kata dia.

Hanya, dalam pandangan Berlian, Provinsi Lampung memerlukan CPNS baru agar tak terjadi kekosongan. Kelemahan moratorium CPNS, lanjut dia, adalah adanya stagnasi pengisian golongan di pegawai negeri sipil. ’’Lalu manakala tidak menerima PNS, maka akan terputus kaderisasi,” ujarnya. Berlian sendiri masih berharap pemerintah pusat membuka keran CPNS Lampung.

Diketahui, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung menyatakan sudah mengajukan usulan formasi CPNS tahun 2012. Usulan itu sebanyak 904 formasi. Jumlah usulan tersebut sama seperti pada 2011 lalu. Merujuk pada tahun lalu, formasi tersebut terbagi atas kategori tenaga kesehatan, guru, dan tenaga teknis. Rinciannya 232 tenaga kesehatan, 44 guru SLB, dan sisanya tenaga teknis.

Sementara, kuota CPNS untuk 2012 ini belum dipatok mati pada angka 13.873. Peluang kuota untuk bertambah masih terbuka lebar karena instansi pusat dan daerah masih diberikan kesempatan memasukkan usulan formasi CPNS hingga akhir Juni 2012.

Formasi yang diusulkan dibatasi untuk kategori tenaga pendidik, kesehatan, dan mendesak. Bila lewat Juni 2012, usulannya akan dimasukkan untuk kebutuhan 2013.
Perlu diketahui, formasi CPNS untuk tahun ini dialokasikan sebanyak 72 ribu dari honorer dan sekitar 60 ribu dari pelamar umum.

’’Untuk formasi tahun 2012, kami telah menerima usulan dari 85 daerah, tetapi hanya 20 yang telah melengkapi dengan analisis jabatan, analisis beban kerja, serta proyeksi kebutuhan pegawai hingga lima tahun ke depan,” kata Deputi SDM Bidang Aparatur Kemenpan RB Ramli Naibaho kepada wartawan di Jakarta kemarin.

Bagi yang tidak melaporkan dengan benar, sesuai kebijakan moratorium, tak diberi alokasi formasi PNS. ’’Bagi yang masih ingin mengajukan formasi, diberikan kesempatan hingga akhir Juni, karena sudah harus masuk dalam pembahasan APBN. Kalau memasukkan sesudah bulan Juni, maka akan masuk dalam prioritas untuk tahun 2013,’’ imbuh Ramli.

Setelah usulan lengkap, terangnya, pemerintah akan menetapkan formasi CPNS. ’’Hingga saat ini kami belum menetapkan berapa formasinya. Karena data-data yang masuk masih harus dianalisis,” ujarnya.

Senada, Kasubdit Humas dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN) Petrus Sujendro mengatakan, untuk saat ini masih dalam tahap pemasukan usulan formasi CPNS dari kategori pelamar umum. Sedangkan untuk honorer kategori 1, kuotanya juga belum ditetapkan karena masih dalam verifikasi validasi tahap kedua.
’’Untuk formasi CPNS dari kategori pelamar umum dan honorer K1 belum ditetapkan. Kalau sudah ada, pasti BKN diinfokan juga oleh Kemenpan RB,’’ terangnya.

Sementara, Kepala Biro Humas BKN Aris Windiyanto malah tampak kaget dengan adanya pemberitaan yang menyebut kuota CPNS 2012 sudah ditetapkan, termasuk kuota untuk sejumlah provinsi dan kabupaten/kota serta instansi pusat. ’’Siapa yang bilang? Wah, belum ada data masuk pada saya,’’ ujar dia saat dihubungi kemarin.

Sementara itu, Sekretaris Menpan RB Tasdik Kinanto mengatakan, pendaftaran dilakukan Juli, sedangkan tes dihelat pada minggu ketiga Agustus atau tanggal 19 Agustus mendatang
Sejauh ini, pihaknya telah menyetujui izin prinsip kuota formasi. Izin prinsip tersebut ditetapkan untuk 17 instansi pemkab/pemkot, 3 instansi pemprov, dan 22 instansi pusat.

Kuota CPNS baru dari pelamar umum yang sudah ditetapkan untuk instansi daerah adalah 1.904 kursi. Sedangkan untuk instansi pusat sebanyak 11.733 kursi. Selain itu juga ada kuota CPNS baru untuk seleksi ulangan di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, sebanyak 236 kursi. Jadi, total ada 13.873 kuota. (wdi/jpnn/c1/ary)   
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CPNS | Lampung Gagal Mengadakan Penerimaan CPNS 2012...??"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top