Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

PERINGATAN 1 SURO DI SOLO, YOGYAKARTA DAN BANDUNG


SOLO. Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1433 Hijriah atau 1 Suro dalam kalender jawa berlangsung meriah. Di Solo ribuan warga tumpah ruah di jalan menyambut kirab budaya dan pusaka keraton.

Perayaan tersebut di mulai kemarin tepat pukul 00.00 wib. Warga setempat sangat antusias mengikuti ritual kirab pusaka yang diikuti tujuh ekor kerbau bule keturunan Kiai Selamet.

Kirab dimulai dari Kori Kemandungan Keraton Surakarta. Masyarakat memenuhi halaman keraton dan jalan-jalan tempat kirab berlangsung, mulai dari Alun-Alun Utara, Bundaran Gladak dan mengelilingi tembok keraton hingga ke jalan Selamet Riyadi.
Sementara itu di Yogyakarta, warga melakukan ritual Topo Mbisu Mubeng Benteng atau berjalan mengelilingi benteng keraton secara Pradaksina tanpa mengucap sepatah kata pun.

Adapun Paguyuban Songsong Buwono menggelar ritual berjalan kaki dari Tugu Yogyakarta menuju Alun-Alun Utara sambil membawa hasil bumi yang kemudian diperebutkan peserta di depan keraton. 

Upacara gunungan itu juga meruwat Bumi Mataram yang tidak pernah lepas dari isu-isu politik, salah satunya ialah soal Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. “Ini adalah ruwat Bumi Mataram yang kami gelar agar masyarakat terhindar dari malapetaka”, ujar Gondo Sri Garbo, salah satu pemimpin ritual.
Sementara itu, peringatan Tahun Baru Islam 1433 H di Bandung dimeriahkan dengan Pawai Ta’aruf oleh belasan ribu santri di sejumlah sekolah dan Pondok Pesantren. 

Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Kota Bandung, Jaka Mukhlis mengatakan, kegiatan yang digelar rutin setiap Tahun Baru Islam itu bertujuan mengenalkannya Tahun Baru Islam kepada masyarakat sejak usia dini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PERINGATAN 1 SURO DI SOLO, YOGYAKARTA DAN BANDUNG"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top