Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

SISTEM KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN

 KOMDAT. Kemajuan teknologi komunikasi sekarang mempunyai pengaruh pada perkembangan pengolahan data. Data dari satu tempat dapat dikirim ke tempat lain dengan alat telekomunikasi. Data perlu dikirim dari satu tempat ke tempat lain dengan beberapa alasan, diantaranya :......


a.       Transaksi sering terjadi pada suatu tempat yang berbeda dengan tempat pengolahan datanya atau tempat di mana data tersebut akan digunakan. Sehingga data perlu dikirm ke tempat pengolahan dan dikirim lagi ke tempat yang membutuhkan informasi dari data tersebut.
b.      Kadang-kadang lebih efisien atau lebih murah mengirim data lewat jalur komunikasi, lebih-lebih bila data telah diorganisasikan melalui komputer, dibandingkan dengan cara pengiriman biasa.
c.       Suatu organisasi yang mempunyai beberapa tempat pengolahan data, data dari suatu tempat pengolahan yang sibuk dapat membagi tugasnya dengan mengirimkan data ke tempat pengolahan lain yang kurang sibuk.
d.      Alat-alat yang mahal, seperti misalnya alat pencetak grafik atau printer berkecepatan tinggi, cukup di satu lokasi saja, sehingga lebih hemat.

Untuk data yang menggunakan komputer, pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik, biasanya disebut dengan istilah Komunikasi Data (data communication).

Di dalam sistem komunikasi, istilah jaringan kerja (network) digunakan bila paling sedikit dua atau lebih alat-alat dihubungkan satu dengan yang lainnya. Contoh network yang banyak dilihat sehari-hari adalah jaringan radio dan televisi, di mana beberapa stasiun pemancar saling dihubungkan, sehingga suatu program yang sama dapat disiarkan ke semua penjuru. Sistem pemesanan tiket pesawat terbang merupakan contoh computer network, dengan puluhan, ratusan, bahkan sampai ribuan terminal dapat dihubungkan dengan pusat komputer yang menyimpan semua informasi jadwal penerbangan dan tempat duduk untuk masing-masing nomor penerbangan.

Komunikasi Data
Untuk mengkomunikasikan data dari satu tempat ke tempat yang lain, tiga elemen sistem harus tersedia, yaitu sumber data (source), media transmisi (transmision media) yang membawa data yang dikirimkan dari sumber data ke elemen yang ketiga yaitu penerima (receiver). Bila salah satu elemen tidak ada maka komunikasi tidak dapat dilakukan.

 Transmisi Data
Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari suatu sumber ke penerima data. Untuk mengetahui tentang transmisi data lebih langkap, maka perlu diketahui beberapa hal yang berhubungan dengan proses ini, yaitu :
a. Media Transmisi yang dapat digunakan.
b. Kapasitas channel transmisi.
c. Tipe dari Channel transmisi.
d. Kode transmisi yang digunakan.
e. Mode transmisi.
f. Protocol.
g. Penanganan kesalahan transmisi.

Bersambung.....
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "SISTEM KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top