Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Media Transmisi

MEDIA TRANSMISI
Beberapa media transmisi dapat digunakan sebagai channel (jalur) transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan yang dapat berupa kabel ataupun radiasi elektromagnetik.

KABEL
Bila sumber data dan penerima jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area lokal, maka dapat digunakan kabel sebagai media transmisinya. Kabel dapat berbentuk kabel tembaga biasa yang digunakan pada telepon atau coaxial cable atau fiber optic cable.

a. Coaxial Cable
Coaxial Cable merupan kabel yang dibungkus dengan metal yang lunak. Coaxial cable mempunyai tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel biasa, tetapi lebih mahal.
 
b. Fiber Optic Cable
Fiber Optic Cable dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Fiber optic cable mempunyai kecepatan pengiriman data sampai 10 kali lebih besar dari coaxial cable.


RADIASI ELEKTRONIKMAGNETIK
Bila sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh, channel komunikasi data berupa media radiasi elektromagnetik dipancarkan melalui udara terbuka, yang dapat berupa gelombang mikro (microware), sistem satelit (satellite system) ataum sistem laser (laser system).

Microware
Microware merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasun ke stasiun yang lain. Sifat pemancaran dan microware adalah line-of sight, yaitu tidak boleh terhalang, karena adanya gedung-gedung, ruang tunggu, bukit-bukit atau gunung-gunung, microware biasanya digunakan untuk jarak-jarak yang dekat saja. Untuk jarak yang jauh, harus digunakan digunakan stasiun relay yang berjarak 30 sampai 50 km. Stasiun relay diperlukan karena untuk memperkuat signal yang diterima dari stasiun relay sebelumnya dan meneruskannya ke stasiun relay berikutnya.
Satellite System
Karena microware tidak boleh terhalang, maka untuk jarak-jarak yang jauh digunakan satelit (satellite system). Satelit akan merima signal yang dikirim dari stasiun microware di bumi dan mengirimkannya kembali ke stasiun bumi yang lainnya. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay yang letaknya di luar angkasa.
Suatu satelit yang diletakan di orbit tetap sejauh 30320 km di atas permukaan bumi dapat menjangkau sekitar 40% dari seluruh permukaan bumi. Dua buah satelit dapat menjangkau lebih dari separoh permukaan bumi dan tiga buah satelit dapat menjangkau semua permukaan bumi.

Sistem Laser
Teknologi komunikasi sinar laser banyak digunakan untuk penelitian-penelitian. Ahli komunikasi meramalkan, dimana yang akan datang menggunakan teknologi laser akan meluas dan secara dramatis akan dapat mengurangi biaya transmisi.

Kapasitas Channel Transmisi.
Brandwicth (lebar band) menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk datu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per seond (bps) atau characters per second (cps).
Brandwicth dengan satuannya bps atau cps menyatakan ukuran dari kapasitas channel transmisi, bukan ukuran kecepatan. Transmisi data dengan ukuran 1000 bits per second tidak dapat dikatakan lebih cepat dari transmisi data dengan ukuran 200 bits per second, tetapi dapat dikatakan bahwa lebih banyak data yang dapat dikirimkan pada satu unit waktu yang tertentu.

Sebagai ilustrasi, misalnya dalam satuan waktu yang sama, volume air yang disalurkan oleh pipa dengan diamter penampang yang lebih besar akan lebih banyak dibandingkan dengan penyaluran air oleh pipa dengan diamter panampang yang lebih kecil, karena popa dengan diamter penampang yang lebih besar mempunyai kapasitas yang lebih besar, bukannya keceptan pengaliran air di pipa dengan diameter penampang yang lebih besar lebih cepat.

Gambar pipa dengan diamter penampang yang lebih besar akan menyalurkan air lebih banyak akrena kapasitas penyaluran lebih besar. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Media Transmisi"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top