Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Mengenal Manfaat Kolin


KOLIN nutrisi yang banyak terkandung dalam kuning telur, dinyatakan bagus untuk kesehatan. Nutrisi ini merupakan bahan dasar untuk membuat zat kimia pembentuk memori otak yang dikenal dengan acetylkolin. Selain itu, kolin juga berperan penting dalam pembentukan membran-membran sel di seluruh tubuh. 

Sebuah studi dari Cornell University menemukan, menambah asupan kolin selama kehamilan dan menyusui sangat bermanfaat untuk kesehatan kognitif dan emosional jangka panjang pada orang-orang dengan Down syndrome.
 

"Kami menemukan bahwa pemberian suplemen kolin bisa memperbaiki perhatian dan kontrol emosi," tutur penulis studi Barbara Strupp, seperti dikutip situs womenfitness.com. Temuan ini, terang Strupp, bisa memicu peningkatan jumlah anjuran konsumsi kolin pada ibu. Berdasarkan anjuran saat ini, ibu disarankan mengonsumsi 450 miligram kolin selama kehamilan dan 550 miligram selama menyusui.
 


Berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kolin:
 

Jaga kesatuan membran sel
 
Kolin diperlukan untuk kesatuan struktural dan fungsi penyampai pesan dari sel-sel membran. Kolin secara langsung memengaruhi penyampaian pesan di antara membran dan pengangkutan atau metabolisme lemak.
 

Memecah dan menggunakan lemak sebagai sumber energi
 
Kolin berada di lapisan lemak dari membran sel-sel tubuh. Kolin mengubah lemak agar lebih lentur dalam mempertahankan sel-sel. Selain itu, lemak juga membantu penggunaan lemak dalam tubuh.
 

Mengangkut dan mengeluarkan lemak dari tubuh
 
kolin turut berperan dalam pengangkutan lemak dan kolesterol dari hati. kolin membantu mengemulsi lemak, menjaga agar lemak tetap berada dalam bentuk cair. Sepanjang kolesterol tetap diemulsi, kolesterol tidak akan menempel di dinding arteri. kolin membantu mengangkut kolesterol dan lemak sehingga bisa dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan agar kadar kolesterol tetap berada dalam batas normal.
 

Jaga fungsi otot
 
Kandung kemih merupakan otot yang berada di bawah kontrol kolinrgic. Acetylkolin menstimulasi satu tipe reseptor dalam tubuh yang dikenal dengan reseptor muscarinic. Stimulasi reseptor muscarinic dalam otot akan memicu kontraksi otot. Acetylkolin menstimulasi kontraksi otot kandung kemih dan mendukung kesehatan fungsi kemih.
 

Sampaikan informasi dari saraf ke saraf
 
Kolin merupakan zat kimia yang disimpan dalam sel-sel saraf dan terlibat dalam penyampain pesan di antara sel-sel saraf dan sel-sel otot. Acetylkolin terkandung dalam ujung saraf dan secara konstan diproduksi dan dipecah oleh tubuh.
 

Jaga kesuburan
 
Kolin merupakan nutrisi yang berpotensi menguatkan seksualitas dengan cara berubah bentuk menjadi acetylkolin. Saraf simpatik dan parasimpatis merupakan pendorong utama fungsi testikular dan bisa membantu menstimulasi libido.
 

Bantu tingkatkan jumlah sel-sel di pusat memori
 
K
olin diperlukan untuk sintesis acetylkolin, salah satu neurotransmitter tubuh. Acetylkolin sangat diperlukan dalam proses berpikir, mengingat, tidur, dan mengontrol gerakan. Hasil studi pada hewan menunjukan, hewan dengan ibu yang diberikan kolin mempunyai skor tugas memori yang lebih baik dibandingkan hewan dengan ibu yang kekurangan kolin. 

Makanan sumber kolin
 

kolin merupakan asam amino yang secara alami tersedia di alam dan dikenal dengan lesitin. Di samping itu, kolin juga terkandung dalam kuning telur, susu, kacang-kacangan, ayam dan hati sapi, daging babi, daging sapi, udang, kacang kedelai, inti gandum dan air susu manusia. Selain tiu, kolin juga bisa ditemukan dalam kentang, kacang polong, kol bunga, oat, biji wijen dan biji rami serta sayuran hijau. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengenal Manfaat Kolin"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top