Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

DUNIA IT | Mahasiswa Teknokrat Siap Luncurkan Roket...!!!

Mahasiswa sedang melakukan persiapan untuk peluncuran


BANDARLAMPUNG - Mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat Lampung siap meluncurkan roket dalam Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) Tingkat Nasional yang akan digelar pada 7–10 Juni 2012 di Pantai Congot, Kulon Progo, Jogjakarta.


Kompetisi yang diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) ini akan diikuti seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta se-Indonesia.

Tim Roket Teknokrat bernama Krakatau 6, yang beranggotakan Adi Ahmad Fauzi, Valensya Vensensius Tuasella, dan M. Fariz Mustofa, dengan pembimbing Maulana Aziz Assuja, S.S.T. Untuk dapat mengikuti kontes di tingkat nasional, sebelumnya tim Teknokrat ini telah lolos seleksi pada tahap pertama dan kedua.

Saat ditemui di kampus setempat kemarin, tim Roket Teknokrat sedang melakukan persiapan untuk mengikuti kontes. Pembimbing tim Maulana Aziz menjelaskan, setiap tim peserta harus membuat sebuah payload, yaitu muatan roket berbentuk tabung silinder  berisi rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai perangkat telemetri untuk monitoring sikap (attitude) roket.

’’Mulai peluncuran hingga separasi, sekaligus memiliki sistem kamera untuk melakukan pengamatan dengan kemampuan mengambil gambar bumi dari udara foto hitam putih berukuran 200 x 200 piksel,” ungkapnya.

Payload, imbuh Maulana, akan dimuatkan dan diluncurkan dengan menggunakan sistem roket. Ketika roket diluncurkan, pada ketinggian tertentu atau sekitar 600 meter, sistem payload akan terpisah secara otomatis dari sistem roket (terjadi separasi).

’’Pada saat inilah sistem kamera pada payload dapat diperintah melalui telecommand peserta dari ground segment untuk mengambil gambar dan mengirimkannya ke darat,” jelasnya.
Maulana memaparkan, kompetisi tingkat nasional nantinya dilakukan beberapa tahap. Dari tahap uji fungsional muatan, uji terbang muatan, serta presentasi hasil uji terbang muatan. Kompetisi juga menekankan pada uji peluncuran, yang dapat mencapai ketinggian dua kilometer, dengan berat muatan roket tidak lebih dari satu ton.

’’Peserta yang lolos hingga babak final akan mendapat prioritas untuk terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi antariksa dan kedirgantaraan nasional,” pungkasnya. (rls/c1/gus)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DUNIA IT | Mahasiswa Teknokrat Siap Luncurkan Roket...!!!"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top