Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

PROTOCOL


Protocol adalah suatu kumpulan dari aturan-aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar (Serangkaian aturan yang mengatur operasi unit-unit fungsional agar komunikasi bisa terlaksana). Jabatan tangan merupakan contoh dari protocol antara manusia yang akan berkomunikasi. Di istilah komputer jabatan tangan (handshaking) menunjukkan suatu protocol dari komunikasi data bila dua buah alat dihubungkan satu dengan yang lainnya untuk menentukan bahwa keduanya telah kompetibel.
Supaya kompatibel, maka pada transmisi data, keduanya harus mempunyai kesamaan dalam :
1.      Ttransfer rate (tingkat pengiriman);
2.      Format datanya;
3.      Tipe transmisinya;
4.      Mode transmisinya.

Jika semua kondisi tersebut telah kompatibel, maka dapat dilakukan komunikasi data dengan benar. Protocol umumnya suatu software yang mengatur komunikasi data tersebut.
Karakteristik :
 Langsung / tidak langsung;

Contoh informasi dan data melintas langsung di antara entiti tanpa membutuhkan pengatur lain. Dengan cara yang sama dapat dikatakan konfigurasi multipoin, meskipun di sini entiti-entiti harus memperhatikan ha-hal yang berkaitan dengan akses kontrol, mengupayakan protocol supaya lebih lengkap.


Gambar Protokol langsung

Bila sistem dihubungkan melalui switched jaringan komunikasi, tidak akan terjadi protocol secara langsung. 2 entiti harus bergantung pada fungsi entiti-entiti lain untuk menukar data. Kasus yang lebih ekstrim terjadi pada situasi di mana 2 entiti yang tidak terhubung ke jaringan switch, namun terhubung secara tidak langsung melalui 2 jaringan atau lebih. Rangkaian jaringan yang saling terhubung 1 sama lain semacam ini diistilahkan internet.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PROTOCOL"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top