Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Kapasitas dan Tipe Chanel Transmisi

Kapasitas Channel Transmisi.
Brandwicth (lebar band) menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk datu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per seond (bps) atau characters per second (cps).
Brandwicth dengan satuannya bps atau cps menyatakan ukuran dari kapasitas channel transmisi, bukan ukuran kecepatan. Transmisi data dengan ukuran 1000 bits per second tidak dapat dikatakan lebih cepat dari transmisi data dengan ukuran 200 bits per second, tetapi dapat dikatakan bahwa lebih banyak data yang dapat dikirimkan pada satu unit waktu yang tertentu.

Sebagai ilustrasi, misalnya dalam satuan waktu yang sama, volume air yang disalurkan oleh pipa dengan diamter penampang yang lebih besar akan lebih banyak dibandingkan dengan penyaluran air oleh pipa dengan diamter panampang yang lebih kecil, karena popa dengan diamter penampang yang lebih besar mempunyai kapasitas yang lebih besar, bukannya keceptan pengaliran air di pipa dengan diameter penampang yang lebih besar lebih cepat.


Kapasitas atau tranfer rate (tingkat penyaluran) atau rate dari channel transmisi dapat digolongkan dalam narrowband channel, voice band channerl dan wideband channel.


Narrowband Channel
Narrowband channel atau subvoice channel merupakan channel trasmisi dengan bandwith yang rendah, berkisar dari 50-300 bps. Biaya transmisi lewat narrowband channel lebih rendah, tetapi biaya rata-rata per bitnya lebih mahal dengan tingkat kemungkinan kesalahan yang besar. Jalur telegraph merupakan contoh dari narrowband channel.

Voice Band Channel
Voice Band Channel atau voice grade channel merupakan channel transmisi yang mempunyai bandwith lebih besar dibandingkan dengan narrowband chennel, yaitu berkisar dari 300 – 500 bps. Jalur telepon merupakan contoh dari voice band channel.


Wideband Channel
Wide Band Channel atau broad band channel adalah transmisi yang digunakan untuk transmisi data yang besar dengan bandwith sampai 1 juta bps. Sebagai ilustrasi, keseluruhan dari isi modul ini bila ditransmisikan dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan wide band channel hanya memakan waktu kurang dari setengah jam. Secara umum transmisi data dengan wide band channel sangat mahal, tetapi bila diperhitungkan biaya per bitnya akan lebih murah dan kemungkinan kesalahan transmisi kecil. Jalur telepon jarak jauh menggunakan wide band channel, yaitu menggunakan media coaxial cable yang terletak di bawah laur atau microware system atau satelite system.


TIPE CHANNEL TRANSMISI.
Suatu channel transmisi dpat mempunyai tipe transmisi satu arah (one-way transmission), transmisi dua arah bergantian (either way transmission) atau transmisi dua arah serentak (both way transmission)

One-Way Transmission
Tipe transmisi satu arah (one-way transmission atau simplex) merupakan channel transmisi yang hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja, tidak bisa bolak-balik.
Siaran radion atau televisi merupakan contoh one-way transmission, yaitu signal yang dikirimkan dari stasiun pemancar hanya dapat diterima oleh pesawat penangkap siaran tidak dapat mengirimkan informasi balik ke stasiun pemancar.
Pengiriman data dari satu komputer ke komputer yang lain yang searah (komputer yang satu sebagai pengirim dan komputer yang lainnya sebagai penerima) merupakan contoh dari one-way transmission, misalnya dari komputer Apple ke komputer IBM PC.

Either-Way Transmission
Tipe transmisi dua arah bergantian (two-way transmission atau half-duplex di singkat dengan HDX) merupakan channel transmisi di mana informasi data dapat mengalir dalam dua arah yang bergantian (satu arah dalam suatu saat tertentu), yaitu bila satu mengirimkan, yang lain sebagai penerima dan sebaliknya, tiadk bisa serentak.
Dengan two-way transmission, maka dapat mengirim dan menerima data.
Radio CB Walkie-talkie merupakan contoh dari two-way transmission, yaitu dapat mendengarkan atau berbicara bergantian.

Both-Way Transmission
Tipe transmisi dua arah serentak (both-way transmission atau full duplex disingkat degnan FDX) merupakan channel transmisi di mana informasi data dapat mengallir dalam dua arah serentak (dapat mengirim dan menerima data pada saat yang bersamaan). Komunikasi lewat telepon merupakan contoh dari both-way transmission, yaitu dapat berbicara dan sekaligus mendengarkan apa yang sedang diucapkan oleh lawan bicara.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kapasitas dan Tipe Chanel Transmisi"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top