Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari

Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari - Hallo sahabat Rumah Musafir Ilmu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Al Islam, Artikel Nasehat, Artikel Ngaji, Artikel Rahasia yang Terbongkar, Artikel Ringan Ria, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari
link : Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari

Baca juga


Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari

Sumber gambar: learnhebrewpod.com

Dalam satu minggu terdapat tujuh hari dengan nama yang berbeda-beda, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Minggu ditetapkan sebagai hari libur dari sekian hari tersebut. Apakah kalian mengetahui asal mula adanya hari dan darimana nama-nama hari tersebut berasal? Ada suatu waktu dalam sejarah awal manusia ketika hari-hari tidak diberi nama! Alasannya sangat sederhana. Manusia tidak menemukan minggu.
Pada waktu itu, satu-satunya pembagian waktu adalah bulan, dan ada terlalu banyak hari dalam satu bulan untuk diberi nama sendiri-sendiri. Tetapi ketika manusia mulai membangun kota-kota, mereka ingin mempunyai hari istimewa untuk berdagang, suatu hari pasar.
Kadang-kadang hari-hari pasar ini ditetapkan setiap hari kesepuluh, kadang-kadang setiap hari ketujuh atau setiap hari kelima orang-orang Babilonia memutuskan hari pasar harus jatuh pada hari ketujuh. Pada hari ini mereka tidak bekerja, tetapi bertemu untuk berdagang dan mengadakan upacara-upacara keagamaan.
FREE, HOSTING AND DOMAIN
Bangsa Yahudi mengikuti contoh mereka, tetapi mengkhususkan hari ketujuh untuk keperluaan keagamaan. Dengan demikian hari minggu pun muncul. Hari itu adalah hari antara hari-hari pasar. Bangsa Yahudi menberi nama untuk masing-masing hari dari ketujuh hari itu, tetapi sebenarnya itu adalah hitungan setelah hari Sabat (yaitu hari Sabtu). Misalnya, hari Rabu dinamakan hari keempat (empat hari setelah hari Sabtu).
Ketika Bangsa Mesir menggunakan minggu yang terdiri dari tujuh hari mereka menamakan hari-hari itu menurut nama kelima planet, matahari dan bulan. Bangsa Romawi menggunakan nama-nama Mesir untuk hari-hari mereka dalam seminggu: hari Matahari, hari Bulan, hari planet Mars, hari planet Merkurius, hari planet Yupiter, hari planet Venus, dan hari planet Saturnus.
Kita memperoleh nama-nama hari bukan dari Bangsa Romawi tetapi dari Bangasa Anglo-Saxon, yang menamai sebagian besar dari hari-hari menurut nama dewa-dewa mereka, yang kurang lebih sama dengan dewa-dewa Bangsa Romawi.
  • Hari Matahari menjadi ‘Sunnandaeg’, atau Sunday (Minggu).
  • Hari Bulan dinamakan ‘Monandaeg’, atau Monday (Senin).
  • Hari Mars menjadi hari Tiw,yaitu dewa perang mereka. Ini menjadi ‘Tiwesdaeg’, atau Tuesday (Selasa).
  • Bukannya nama Merkurius, nama Dewa Woden diberikan menjadi Wednesday (Rabu).
  • Hari Romawi Yupiter, dewa guntur, menjadi hari guntur Dewa Thor, dan ini menjadi Thursday (Kamis).
  • Hari berikutnya dinamakan Frigg, istri Dewa Odin, dan oleh karena itu kita mempunyai Friday (Jumat).
  • Hari Saturnus menjadi ‘Saeterbsdaeg’, terjemahan dari bahasa Romawi, dan kemudian menjadi Saturday (Sabtu).
Satu hari, biasanya dihitung sebagai jarak antara terbitnya matahari dan terbenamnya matahari. Bangasa Romawi menghitungnya dari tengah malam sampai tengah malam, dan kebanyakan bangsa-bangsa modern menggunakan metode ini. - Chez-space
Reseller Hosting


Demikianlah Artikel Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari

Sekianlah artikel Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari dengan alamat link http://bismillah-go.blogspot.com/2013/11/sejarah-dan-asal-mula-nama-nama-hari.html
Bagikan :
+
0 Komentar untuk "Sejarah dan Asal Mula Nama-nama Hari"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top