Judul : KISAH IMAM SYAFII KE-7
link : KISAH IMAM SYAFII KE-7
KISAH IMAM SYAFII KE-7
 
 Imam Syafi’i r.a. (150H – 204H )VII
Sahabat dan murid-murid Beliau
Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi (174 – 270 H)
Beliau ini adalah murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl., dibawa dari Bagdad sampai ke Mesir. lahir tahun 174H. (wafat tahun 270 H.).
Beliau  inilah yang membantu Imam Syafi’i Rhl. menulis kitabnya Al Umm dan  kitab Ushul Fiqih yang pertama di dunia, yaitu Kitab Risalah al Jadidah.
Berkata Muhammad bin Hamdan :  “Saya datang ke rumah Rabi’I pada suatu hari, di mana didapati di  hadapan rumahnya 700 kendaraan membawa orang yang datang mempelaja,ri  kitab Syafi’i dari beliau”.
Ini  suatu bukti bahwa Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi adalah seorang yang  utama, penyiar dan penyebar Madzhab Syafi’i Rhl. dalam abad-abadnya yang  pertama.
Tersebut dalam kitab Al  Majmu’ halaman 70, kalau ada perkataan “sahabat kita ar Rabi’i” maka  maksudnya adalah Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi ini.
Di  dalam kitab Al Muhadzab tidak ada “Ar Rabi’i selain ar Rabi’i ini,  kecuali satu Ar Rabi’i dalam masalah menyamak kulit yang bukan Ar Rabi’i  ini, tetapi Ar Rabi’i bin Sulaiman al Jizi. (Beliau ini adalah sahabat Imam Syafi’i Rhl. juga).
Al Muzany (175 – 264 H)
Nama  lengkap beliau adalah Imam Abu lbrahim Ismail bin Yatya Al Muzani,  lahir di Mesir 175 H dan 25 tahun lebih muda dari Imam Syafi’i Rhl.
Imam Syafi’i Rhl. pernah berkata tentang sahabatnya ini, bahwa Al Muzani adalah pembela Madzhabnya.
Setelah Imam al Buwaithi ditangkap maka al Muzany menggantikan kedudukannya dalam halakah Imam syafi’i itu sampai beliau wafat pada tahun 264 H. (60 tahun terkemudian dari Imam Syafi’ i Rhl.).
Beliau adalah seorang ulama yang saleh, zuhud dan rendah hati. Beliau banyak mengarang kitab fiqih Syafi’ iyah, seumpama :l. Al Jami’ al Kabir.
2. Al Jami’ as Shagir.
3. Al Mukhtashar.
4. Al Mantsur.
5. At Targib til trmu
6. Kitabul Watsaiq.
7. Al Masail al Mu’tabarah.
8. Dan lain-lain.
Al Humaidi (wafat 219H)
Nama langkap beliau adalah Abdullah bin Zuber bin Isa Abu Bakar al Humaidi. Beliau adalah juga murid langsung dari Iman Syafi’i Rahimahullah.
Beliaulah yang membawa dan mengembangkan Madzhab Syafi’i ketika di Mekkah, sehingga beliau diangkat menjadi Mufti Mekkah. Wafat di Mekkah pada tahun 219 H.
Inilah  di antaranya murid-murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl. yang kemudian  menjadi Ulama Besar dan tetap teguh memegang Madzhab Syafi’i.
Dengan  perantaraan beliau-beliau inilah Madzhab Syafi’i tersiar luas ke  pelosok-pelosok dunia Islam terutama ke bagian Timur dari Hijaz, yaitu  ke lraq, ke Khurasan, ke Maawara an Nahr, ke Adzerbaijan, ke Tabristan,  juga ke Sind, ke Afganistan, ke India, ke Yaman dan terus ke Hadaramaut,  ke  Pakistan, India dan Indonesia.
Beliau-beliau ini menyiarkan Madzhab Syafi’i dengan lisan dan tulisan.  Selain dari itu ada dua orang murid Imam Syafi’i Rhl., yaitu Ahmad bin  Hanbal, (wafat 241) yang kemudian ternyata membentuk madzhab sendiri  yang kemudian dikenal dengan nama Madzhab  Hanbali. Yang kedua Syeikh Muhammad bin Abdul Hakam, seorang Ulama murid  langsung dari Imain Syafi’i Rhl. yang ilmunya tidak kalah dari al  Buwaithi. Beliau ini pada akhir umurnya berpindah ke Madzhab Maliki dan wafat dalam tahun 268 H. di Mesir.
Nama iengkap beliau adalah Abu Ya’kub Yusuf bin Yahya al Buwaithi, lahir di desa Buwaith (Mesir) wafat 231 H.
Beliau ini adalah murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl sederajat dengan Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi.
Imam  Syafi’i berkata: “Tidak seorang juga yang lebih berhak atas kedudukanku  melebihi dari Yusuf bin Yahya al Buwaithi”, dan Imam Syafi’i Rhl.  berwasiat, manakala beliau wafat maka yang akan menggantikan kedudukan beliau sebagai pengajar adalah Al Buwaithi ini.
Beliau  menggantikan Imam Syafi’i Rhl. berpuluh tahun dan pada akhir umur  beliau ditangkap lantaran persoalan “fitnah Quran”, yaitu tentang  makhluk atau tidaknya Quran yang digerakkan oleh kaum Mu’tazilah.
Akhirnya al Buwaithi ditangkap oleh Khalifah yang pro faham Mu’tazilah, lalu dibawa dengan ikatan rantai pada tubuhnya ke Bagdad. Beliau meninggal dalam penjara di Bagdad tahun 231 H.
Beliau  syahid karena mempertahankan kepercayaan dan i’itiqad beliau, yaitu  i’tiqad kaum ahlussunnah wal Jama’ah yang mempercayai bahwa Quran itu  adalah kalam Allah yang Qadim, bukan “ciptaan Allah”, (makhluk).
Al Asy’ari (250 – 324 H)
Nama lengkap beliau adalah ‘Ali bin Isma’il bin Abi Basyar Abul Hasan al Asy’ari, lahir tahun 250 H. di Basrah (Iraq).
Inilah  Ulama besar dalam Ilmu Usuluddin, perumus dan pembela faham Ahlussunnah  wal Jama’ah, yaitu faham Nabi, sahabat-sahabat dan tabi’in yang banyak.
Dalam furu’ syari’at beliau pnganut yang kuat dari Madzhab Syafi’i.  Beliau belajar fiqih kepada Abu Ishaq al Marwadzi, demikian dikatakan  oleh Ustadz Abu Bakar bin Furak pengarang kitab Tabaqatul Mutakallimin,  dan demikian juga dikatakan oleh Ustadz Abu Ishaq al Arfaraini sebagai  yang dinukilkan oleh Syeikh Abu Muhammad al Junaidi dalam kitab Syarah  Risalah.
Abu Hasan al Asy’ari adalah  seorang Ulama Besar, ikutan ratusan juta umat Islam dari dulu sampai  sekarang, karena beliau yang menjadi Imam kaum Ahlussunnah wal Jama’ah  sebagai lawan dari kaum Mu’tazilah, kaum Syi’ah, kau’m Mujassimah, dan  lain-lain firqah yang sesat.
Walaupun beliau seorang Imam Besar dalam usuluddin, tetapi dalam furu’ syari’at beliau  menganut dan mempertahankan Madzhab Syafi’i Rahimahullah
Demikianlah Artikel KISAH IMAM SYAFII KE-7
Sekianlah artikel KISAH IMAM SYAFII KE-7 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel KISAH IMAM SYAFII KE-7 dengan alamat link http://bismillah-go.blogspot.com/2012/09/kisah-imam-syafii-ke-7.html




2 Komentar untuk "KISAH IMAM SYAFII KE-7"
Info yang sangat bermanfaat,selama ini ane cuma mengikuti saja tanpa tau siapa beliau.terima kasih atas tulisannya
terimakasih atas silaturrahimnya,
smoga dapat membawa manfaat buat kita smua :)
TINGGALKAN KOMENTAR DISINI