Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Materi dan SKRIPSI | Pengertian Manajemen menurut Ahli

Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari kata “to manage” yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli yang lain adalah sebagai berikut :
  1. Menurut Horold Koontz dan Cyril O’donnel : Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
  2. Menurut R. Terry : Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
  3. Menurut James A.F. Stoner : Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan.
  4. Menurut Lawrence A. Appley : Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
  5. Menurut Drs. Oey Liang Lee : Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sumber : http://www.geocities.com/

Manajer dan Pemimpin

Pengertian tentang manajer dan pemimpin tentunya berkaitan erat dengan manajemen (management ) dan kepemimpinan (leadership).

Dengan kepemimpinan yang baik, proses manajemen akan berjalan lancar dan karyawan/bawahan bersemangat melaksanakan tugas-tugasnya. Gairah kerja, produktivitas kerja, dan proses manajemen suatu perusahaan akan baik, jika tipe, gaya, cara atau style kepemimpinan yang diterapkan manajernya baik. Sedangkan manajemen sendiri adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu (Hasibuan, 2001).

Bahaudin (1999) menerangkan, bahwa sebelumnya pengertian pemimpin adalah orang yang memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain (yang dipimpinnya) untuk melakukan apa yang diperintahkannya tanpa merasa tertekan atau terpaksa. Dewasa ini, perbedaan pengertian manajer dengan pemimpin dalam suatu perusahaan atau organisasi dewasa ini dibedakan dari peranannya. Peran seorang pemimpin secara singkat adalah membuat “anak buahnya” meningkat kemampuannya menjadi pemimpin. Jika semua anak buahnya sudah menjadi pemimpin, maka pemimpin yang menjadikan anak buahnya menjadi pemimpin dengan sendirinya akan menjadi “ super leader” atau “master manager” . Selain itu antara pemimpin dan pimpinan juga mempunyai pengertian yang berbeda.


Pimpinan belum tentu seorang pemimpin, seseorang menjadi pimpinan karena yang berkuasa mengangkat dan menempatkan dia untuk memimpin suatu tugas pekerjaan.  Lain halnya dengan pemimpin, ia menerima dan memperoleh pengakuan dari orang lain yang tidak harus berkuasa. Pemimpin mestinya mempunyai pengikut yang tidak harus bawahannya, sedang pimpinan mempunyai anak buah (bawahan) tetapi bukan pengikut (follower).

Secara sederhana perbedaan antara pemimpin dan manajer adalah sebagai berikut (Hartono, 2001; Suryana, 2005):
  1. Pemimpin mengembangkan organisasi dan melakukan inovasi; manajer bertugas menjaga agar fungsi organisasi berjalan.
  2. Pemimpin fokus (berorientasi) terhadap pengembangan manusia; manajer fokus terhadap fungsi manajemen dan berorientasi pada sistem atau peraturan organisasi.
  3. Pandangan pemimpin selalu kedepan; manajer berpandangan jangka pendek.
  4. Pemimpin mengantisipasi terhadap perubahan; manajer bereaksi terhadap perubahan.
  5. Pemimpin selalu berpikir secara komprehensif global; manajer melakukan tindakan langkah demi langkah.
  6. Pemimpin menciptakan kultur; manajer hidup dalam suatu kultur.
Sumber : http://puslit.mercubuana.ac.id/file/4-utje.pdf
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Materi dan SKRIPSI | Pengertian Manajemen menurut Ahli"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top