Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Membatasi Kapasitas Hard Disk

Ruang hard disk merupakan tempat penyimpanan yang paling gampang habis. Berbagai macam jenis file dan folder cenderung terus bertambah setiap waktunya, ditambah lagi kecenderungan ukuran file yang kian membesar.

Supaya bisa berhemat, Anda dapat menggunakan fitur quota milik Windows. Pada dasarnya, fitur ini berfungsi memberikan jatah ruang hard disk bagi tiap-tiap pengguna. Untuk memanfaatkannya, partisi diharuskan menggunakan file system NTFS. Setelah itu, Anda dapat mengklik kanan kandar yang ingin diset quota-nya. Lalu pilih tab “Quota”. Cek “Enable Quota Management” untuk mengaktifkannya. Lalu cek juga “Deny disk space to users exceeding quota limit”.

Klik tombol “Quota Entries” untuk mengatur berapa besar quota untuk tiap-tiap pengguna. Caranya, dari window ini, cukup klik nama user yang ingin diberikan quota. Lalu aturlah besar quota yang diinginkan. Sebagai contoh, di sini disetel quota sebesar 100MB untuk akun tamu dengan warning level 80MB. Artinya, bila pengguna akun tamu menggunakan ruang lebih dari 100MB, maka akan muncul jendela peringatan bahwa ruang hard disk tidak cukup lagi.

Keuntungan lain dari quota, label yang menunjukkan besarnya ruang hard disk yang tersedia akan berubah tergantung quota si pengguna. Kembali ke contoh di atas, bila pengguna akun tamu tersebut membuka My Computer, maka besarnya ruang hard disk yang tampil di layar hanya 100MB. Jadi seolah-olah hard disk-nya hanya berkapasitas 100MB, walaupun pada kenyataannya tidak sebesar itu.

Penggunaan quota akan sangat membantu, khususnya bagi PC yang dipakai bersama-sama. Dengan pembagian quota, diharapkan tidak ada lagi rebutan jatah ruang hard disk, sehingga pada akhirnya memudahkan administrasi sistem. (sumber)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Membatasi Kapasitas Hard Disk"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top