Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini

Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini - Hallo sahabat Rumah Musafir Ilmu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ringan Ria, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini
link : Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini

Baca juga


Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini

Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini - BANDA ACEH - Gempa yang mengguncang Aceh, Rabu (11/4/2012) berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) dan berpotensi tsunami. Demikian dilaporkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Data BMKG, gempa mengguncang pukul 15.38 WIB. Pusat gempa di perairan sebelah barat Aceh.

berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini

Sebelumnya BMKG mencatat gempa 8,9 SR kemudian merevisi menjadi 8,5 SR. Sementara Unitd States Geological Survey (USGS) mencatat gempa tersebut dengan magnitud 8,7.

Gempa berkekuatan besar terjadi di Aceh dan Sumut. Data Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat kekuatan gempa 8,5 SR. Sebelumnya BMKG sempat melansir 8,9 SR

Gempa terjadi pukul 15.38 WIB, Rabu (11/4/2012). Gempa terjadi dikedalaman 10 Km. Belum diketahui kerusakan yang terjadi. Versi USGS masih mencatat 8,9 SR, sedangkan melalui twitter BMKG menulis gempa 8,5 SR.
Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 KM. Titik gempa berada di Simeuleu Aceh Tenggara. Getaran gempa dirasakan sangat kuat di Aceh, Sumut dan beberapa daerah lainnya di Sumatera.

MEDAN -- Kota Medan dan sekitarnya merasakan getaran gempa yang berpusat di Simeulue, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, pada Rabu pukul 15.45 WIB. Kekuatan gempa Simeulue mencapai 8,5 SR.
Seperti dikutip Antara, Medan merasakan gempa Simeulue selama hampir 40 detik. Situs BMKG sebelumnya menyebut kekuatan gempa mencapai 8,9 SR melanda kabupaten Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam, pada pukul 15:38:29 WIB dengan kedalaman 10 kilometer. Namun, BMKG meralat kekuatan gempa mencapai 8,5 SR
Peringatan Dini Tsunami pun sempat dikeluarkan untuk wilayah Bengkulu, Lampung, NAD, Sumbar, dan Sumut. Itu karena kekuatan gempa mencapai lebih dari 7 SR. Namun, laporan terakhir menyebutkan gempa tidak berpotensi tsunami.

Lokasi pusat gempa, menurut data BMKG, tercatat di 2.31 LU dan 92.67BT di perairan pesesir barat Aceh.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan peringatan dini tsunami diberlakukan di lima wilayah di Indonesia yang baru saja dilanda gempa bumi.

"Peringatan dini tsunami di lima wilayah yakni Bengkulu, Lampung, Aceh, Sumatera Barat dan Sumatera Utara," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho seperti dikutip Antara, Rabu (11/4/2012).

Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, peringatan tsunami tersebut sebagai dampai dari gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter pada pukul 15.38.29 WIB pada kedalaman 10 km atau 364 km barat daya Kabupaten Simeulue. Gempa bumi susulan dengan kekuatan 8,5 SR kembali menggoyang Aceh pada pukul 15.38.33 WIB. "Saat ini kami masih terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat," katanya.

Namun menurut dia, pihaknya masih kesulitan melakukan koordinasi karena beberapa pihak di daerah sulit untuk dihubungi. "Namun BNPB juga telah melakukan kontak dengan TNI," katanya.

Dia menambahkan, BNPB telah menyiagakan satuan reaksi cepat di bandara Halim Perdanakusuma. "Ada 500 orang yang siaga di Halim, namun jumlah yang akan diberangkatkan masih menunggu kontak kita dengan BPBD atau pejabat daerah setempat," katanya.

SUMBER http://news.detik.com/, http://banjarmasin.tribunnews.com, http://www.republika.co.id/

Menurut Keluarga saya yang berada di aceh lhoxseumawe sekarang masih terjadi gempa, dan semua pada larian ke bukit yang tinggi karna alaret sunami di bunyikan. mari kita doakan bersama sama mudahan sodara sodara kita disana selamat dan tidak terjadi tsunami seperti sebelum nya .. amin


Demikianlah Artikel Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini

Sekianlah artikel Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini dengan alamat link http://bismillah-go.blogspot.com/2012/04/berita-gempa-85-sr-guncang-aceh-sumut.html
Bagikan :
+
0 Komentar untuk "Berita Gempa 8,5 SR Guncang Aceh & Sumut Hari ini"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top