Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya

Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya - Hallo sahabat Rumah Musafir Ilmu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Basis Data, Artikel Materi Kuliah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya
link : Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya

Baca juga


Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya

Membuat Basis Data dan Mendesain Tabel Di Microsoft Access
 

Pengertian Basis Data
Basis Data (Database) dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip. Jika kita memiliki sebuah lemari arsip dan berwenang untuk mengelolanya. Atau kumpulan informasi yang terorganisasi dan disajikan untuk tujuan khusus. 


Prinsip utama basis data adalah pengaturan data/arsip. Sedangkan tujuan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan data/arsip. Sedangkan sistem basis data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data (DBMS).

DBMS adalah software yang menangani semua akses ke basis data.
Contoh dari DBMS yaitu Microsoft SQL, Server 2000, Oracle, Mysql, Interbase, Paradox, Microsoft Access, dll (dan lainnya lupa,.... :).


Komponen-komponen basis data antara lain :
1. Entitas
Entitas digunakan untuk menerapkan integritas pada tingkat Entity (Tabel), agar setiap Instances  (Record/Baris) pada suatu Entity bersifat unique yang disebut sebagai Primary Key sehingga dapat dibedakan antara yang satu dengan yag lain.


Contoh :
a. Semua pelanggan, atau pelanggan saja dengan entitas Adi, Ryan, Endah dan seterusnya.
b. Semua Mobil atau mobil apa saja dengan entitas mobil Kijang, Starlett dan lain lain.


2. Atribut
Setiap entitas pasti memiliki atribut yang mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Penentuan/pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal pentng lainnya dalam pembentukan model data. Penetapan atribut bagi sebuah entitas umumnya memang didasarkan pada fakta yang ada. Tetapi tidak selalu seperti itu. Istilah atribut sebenarnya identik dengan pemakaian kolom data.


Contoh :
a. Entitas pelanggan
Atributnya kd_pelanggan, nm_pelanggan, alamat, notelpon.



bersambung ke Basis Data-2 ya.....


Salam dari Desa.....!!


Demikianlah Artikel Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya

Sekianlah artikel Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya dengan alamat link http://bismillah-go.blogspot.com/2012/04/basis-data-1-membuat-basis-data-dan.html
Bagikan :
+
0 Komentar untuk "Basis Data-1 | Membuat Basis Data dan Komponen-Komponenya"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top