Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Lainnya


Teh merupakan teman yang baik untuk melewatkan waktu senggang anda. Selain rasanya yang nikmat, teh juga penuh dengan manfaat yang baik bagi kesehatan. Minum dua hingga tiga cangkir teh hijau sehari (yang mengandung 240 hingga 320 mg polifenol) sangat dianjurkan. Inilah cara terbaik mendapatkan antioksidan teh hijau dari bentuk alaminya.

Selain bagi bagi kesehatan ternyata teh hijau juga banyak gunanya bagi kehidupan sehari-hari, diantaranya membersihkan perabot rumah tangga sampai mengempukkan daging.

Berikut adalah beberapa manfaat teh hijau, baik bagi kesehatan maupun manfaat lainnya yang dapat anda coba, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Perlindungan dari kanker
Teh hijau dapat membantu perlindungan terhadap kanker. Menurut U.S. National Cancer Institute, kandungan katekin dalam polifenol yang terdapat pada teh hijau memiliki peranan penting dalam pencegahan kanker.

Penelitian selanjutnya menyimpulkan bahwa oksidan tak aktif polifenol, mengurangi jumlah dan ukuran tumor, serta menghalangi pertumbuhan sel kanker. Penelitian serupa secara khusus juga telah dilakukan terhadap kanker kandung kemih, payudara, ovarium, esofagus (bagian dari alat pencernaan berupa saluran yang membawa makanan dari kerongkongan ke perut), paru-paru, pankreas, prostat, kulit dan perut.

2. Mencegah aterosklerosis
Teh hijau dapat membantu mencegah aterosklerosis. Antioksidan dalam teh hijau juga dipercaya untuk mencegah penumpukkan lemak di dalam pembuluh darah dengan menekan proses oksidasi LDL (kolesterol jahat). Antioksidan ini juga mengurangi kemungkinan penggumpalan darah dan membantu arteri (pembuluh darah) menjadi rileks sehinga dapat melancarkan aliran darah.

Siapa tak mau awet muda? Kuncinya ada pada arteri. Semakin muda dan semakin sehat arteri, maka akan makin sehat dan muda juga tubuh kita. Jadi cegah penimbunan plak pada dinding arteri yang merupakan risiko serangan jantung dan stroke agar umur lebih panjang. Berapa banyak teh hijau yang dibutuhkan untuk ini? Sekira 10 ons per hari, yang juga bermanfaat untuk mencegah penimbunan lemak tubuh dan kolesterol.

3. Menstabilkan tekanan darah
Dengan pembuluh darah yang terjaga sehat, yaitu terharga di kisaran 120/80, sangat berharga bagi kita. Mancri cara bagaimana level ini dapat tercapai merupakan ‘pekerjaan rumah’ bagi kita. Mau cara sederhana? Cobalah minum setengah cangkir teh hijau per hari tampaknya terhindar dari tekanan darah tinggi hingga 50% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Terima kasih sekali lagi kepada polifenol (yang juga dikenal sebagai ECGC). Senyawa pada teh ini membantu menjaga pembuluh darah dari risiko berkontraksi dan meningkatnya tekanan darah.

4. Menjaga kadar kolesterol
Teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik. Penelitian menyatakan bahwa teh hijau menurunkan kolesterol secara keseluruhan dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) pada hewan dan manusia. Polifenol dalam teh hijau membantu menghadang proses penyerapan usus dan melancarkan pengeluarannya dari dalam tubuh.

5. Mengendalikan diabetes
Teh hijau dapat membantu mengendalikan diabetes. Teh hijau telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu pengaturan glukosa dalam tubuh.

Katekin yang terdapat dalam teh hijau dapat mencegah perubahan glukosa menjadi sel lemak. Teh hijau juga bisa membuat glukosa memperlambat peningkatan gula darah setelah makan, dan mencegah naiknya insulin yang bisa menimbun lemak.

6. Melawan penyakit pada hati
Teh hijau dapat membantu melawan penyakit pada hati. Teh hijau sepertinya melindungi hati dari efek buruk senyawa beracun seperti alkohol.

7. Menurunkan berat badan
Ekstrak teh hijau mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Beberapa peneliti menduga polifenol, khususnya katekin yang bertanggung jawab dalam proses pembakaran lemak.

Minum teh hijau secara teratur dan sebagai bonusnya badan tetap langsing menawan, karena teh berperan mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

8. Mengurangi napsu makan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Chicago terhadap tikus, hewan tersebut kehilangan nafsu makan sampai dengan 60% setelah disuntikan esktrak teh hijau setiap hari selama seminggu. Hal ini bersangkutan dengan reaksi gula darah dalam tubuh terhadap teh hijau

9. Relaksasi dan menjaga daya ingat
Minum secangkir teh hijau hangat dapat membantu menghasilkan perasaan rileks dan meningkatkan daya ingat karena kandungan asam amino L-teanin di dalamnya.

Teh hijau juga membantu otak untuk tetap ingat, alias tidak mudah pikun. Para orangtua yang rajin minum teh setidaknya dua cangkir setiap hari tampaknya kurang begitu memiliki masalah kognitif dibanding mereka yang tidak suka minum teh. Sekali lagi hal ini dihubungkan dengan kandungan antioksidan pada teh untuk melawan radikal bebas yang merusak saraf otak seperti pada kasus Alzheimer dan Parkinson.

10. Meningkatkan daya tanah tubuh
Teh hijau dapat membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Penelitian yang dilakukan The Brigham and Women’s Hospital menyebutkan bahwa kandungan teanin dalam teh hijau meningkatkan kapasitas sel Gamma Delta T untuk melawan penyakit dan membantu tubuh melawan infeksi.

11. Memperkuat sistem pencernaan dan pernafasan
Teh hijau membantu memperkuat sistem pencernaan dan pernafasan karena kandungan bioflavonoid.

12. Menenangkan mata lelah
Kantong teh yang basah dan hangat dapat mengurangi bengkak dan meredakan rasa sakit di sekitar mata yang lelah.

13. Meredakan gusi berdarah
Untuk anak yang baru saja kehilangan giginya, cobalah tempelkan kantong teh yang basah dan sudah dingin pada area gigi yang tanggal tersebut. Hal ini dapat mengurangi perdarahan dan meringankan rasa sakit.

Teh hijau juga merupakan anti bakterial yang dapat membantu mencegah pembentukan lubang pada gigi.

14. Mengilaukan rambut kering
Teh yang sudah diseduh bisa menjadi kondisioner alami untuk dipakai pada rambut kering. Bilas rambut dengan teh tawar, dan biarkan rambut mengering untuk sementara waktu. Kemudian bilas lagi dengan air.

15. Mencegah kerontokan rambut
Pada pria dan wanita ditemukan Dihydrotestosterone (DHT) yang merupakan testosteron alami. Para peneliti mengetahui bahwa yang menjadi penyebab kerontokan rambut adalah DHT. Folikel rambut yang disebabkan karena terlalu sensitif dengan DHT, maka inilah yang diduga menjadi penyebab kebotakan para pria. Oleh karena itu, dengan mencegah kerontokan rambut adalah dengan melawan DHT.

Diketahui bahwa teh hijau memiliki herbal yang tepat untuk melawan DHT. Dengan menggunakan teh hijau mampu meningkatkan kadar hormon seks pengikat globulin (SBGH) yang berinteraksi dengan testosteron sehingga membantu mencegah pembentukan DHT.

16. Merangsang pertumbuhan rambut
Kandungan pada teh hijau terdapat 10% EGCH yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Epigallocatechin-3-gallate (EGCH) adalah antioksidan yang paling kuat dan memiliki efek positif setelah dilakukannya riset di Jepang dan Korea.

17. Membuat kuat dan melembabkan rambut
Manfaat teh hijau lainnya adalah komponennya yang mengandung panthenol, vitamin C dan E untuk membuat akar rambut semakin kuat. Kandungan vitamin E dapat mengembalikan rambut yang rusak atau kering menjadi lebih muda. Sedangkan pada vitamin C melindungi rambut dari bahaya sinar matahari (UV). Dan pada kandungan pantenol dan provitamin akan menjadikan rambut lebih lembut dan mencegah rambut patah.

18.  Mengurangi jerawat
Bosan dengan perawatan jerawat yang tak kunjung membaik? Cobalah untuk membersihkan wajah dengan teh hijau untuk mengurangi jerawat. Ikuti cara kuno dengan mendinginkan seduhan teh semalaman, lalu menggunakan rendaman tersebut untuk mencuci muka pada pagi harinya.

19. Menjaga kesehatan kulit
Entah tangan Anda teriris, terbakar atau tersengat lebah? Seduh saja teh hijau, celupkan cotton pad dan oleskan pada daerah luka. Teh merupakan antiseptik alami yang meredakan rasa gatal dan pembengkakan. Saat jerawat tumbuh atau kulit seperti terbakar atau kantung mata, secepatnya gunakan celupan teh hijau untuk solusinya.

20. Membersihkan karpet
Taburkan daun teh hijau yang sudah dipakai pada karpet. Biarkan meresap selama 10 menit, lalu vakum lah area karpet. Jenis karpet persia dan oriental yang lembut juga dapat dibersihkan menggunakan daun teh hijau. Pada jenis karpet ini, taburkan daun teh yang sudah hampir mengering, lalu perlahan sapu permukaan karpet.

21 . Mengilapkan lantai kayu
Teh hitam dapat membantu mengilapkan dan memberi warna pada lantai kayu keras. Bersihkan lantai seperti biasa, lalu gosok perlahan teh yang telah diseduh ke lantai. Jangan menggunakan terlalu banyak air pada lantai kayu yang keras seperti ini. Setelah itu biarkan kering sendiri.

22. Mengilapkan perabotan kayu
Teh juga bermanfaat dalam membersihkan serta mengilapkan perabotan kayu yang dipernis. Celupkan kain yang lembut ke dalam sedikit teh yang telah diseduh untuk mengelap perabotan seperti meja, kursi, dan lainnya.

23. Membersihkan cermin dan jendela
Teh ampuh untuk menghilangkan noda membandel seperti cap tangan kita di jendela serta membuatnya kembali mengilap. Cukup gosokkan kantong teh yang lembab pada kaca, atau  semprotkan seduhan teh melalui botol semprot untuk membersihkannya.

24. Membersihkan noda di toilet
Banyak yang  mengatakan bahwa daun teh dapat menghilangkan kotoran yang susah dibersihkan di dasar toilet. Coba masukkan daun teh ke dalam toilet selama beberapa jam, lalu gelontor toilet dengan air. Setelah itu sikat cekungan dasar toilet yang kotor.

25. Membantu pertumbuhan tanaman hias
Sesekali, gunakan teh yang sudah diseduh untuk menyirami tanaman rumah. Sebarkan daun teh yang sudah tak terpakai di sekitar semak bunga mawar, lalu tambahkan pupuk dan air. Asam tannic dan nutrisi lainnya pada teh akan menyehatkan tanaman. Meletakkan beberapa kantong teh yang sudah tak terpakai di dasar pot juga dapat membantu mempertahankan air pada tanah, dan menambahkan nutrisi.

Hal yang perlu diperhatikan
Ada pula yang harus diperhatikan saat anda minum teh, jika salah dalam menyajikan atau diminum berlebihan, bukan saja manfaatnya menjadi hilang, bahkan mungkin dapat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menyajikan dan minum teh:
  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zatnya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh, bisa menyebabkan diare.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.
  • Bila berlebihan mengganggu penyerapan zat besi sehingga dapat menyebabkan anemia, mengganggu fungsi ginjal, bahkan dapat merusak ginjal.
Di dalam teh terdapat kafein, bila berlebihan dapat merusak stimulasi pusat saraf, penyebab penyakit ginjal dan kehilangan konsentrasi.

# dari berbagai sumber
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Lainnya"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top