Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Macam-macam CMS Open Source


 Assalamu'alaikum........................
Alhamdulillah kita masih bisa ketemu lagi, di hari yang sangat mulia ini, sayyidul ayyam, mudah2an silaturrahim kita kali ini akan membawa kemanfaatan dan menambah ilmu kita smua. Amiiin...
Kali ini Kang Duta mo ngebahas tentang CMS. Apa itu CMS? 
Pada pertemuan yeng lewat Kang Duta dah men-share kan beberapa aplikasi yang biasa di gunakan untk membuat blog or web blog.  Apa anda belum sempat membacanya? silahkan baca DISINI
Ok kita langsung menunju ke TKP aja ya, keburu ujan.....!! :)
 

Apa itu CMS (Content Management System) ?
CMS adalah sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster. (ilmukomputer.com)
Macam-macam CMS
Penggunaan CMS juga bermacam-macam, berikut diantaranya :
a. Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog.
b. Mengelola website perusahaan/bisnis.
c. Portal atau website komunitas.
d. Galeri foto, dan lain sebagainya.
e. Forum.
f.  Aplikasi E-Commerce.
g. Dan lain-lain.
Macam-Macam CMS Open Source :
Macam-macam CMS Open Source
1. Drupal
Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.
Meskipun menurut beberapa pengembang Drupal dibilang cukup sulit untuk pengguna baru, namun dengan berbagai keunggulannya, Drupal merupakan salah satu CMS terbaik. Bahkan, Kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, namun, dengan API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai Framework dalam membangun aplikasi berbasis Web CMF.
Situs web resmi internasional
Komunitas Drupal Indonesia
Kumpulan website yang dibuat dengan Drupal
2. Joomla
Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti “kebersamaan”.
Joomla versi awal yaitu 1.0.0 merupakan versi alias dari Mambo 4.5.2.3 yang dikembangkan oleh “Pengembang Inti Mambo hingga Agustus 2005″ yang hengkang dari Mambo.
Situs web resmi
Komunitas Joomla Indonesia
Joomla Tutorial
3. WordPress
CMS terpopuler saat ini? WordPress! Tidak terbantah lagi kalau CMS yang satu ini digunakan oleh begitu banyak website terutama web-blog, CMS ini cocok sekali digunakan untuk website berbasis news atau berita. Kesederhanaan administrator sidenya membuat CMS ini sangat fasih digunakan untuk pemula sekalipun. Kemampuan templatingnya sangat digemari juga karena sangat mudah dimengerti.
Mengejutkan ketika sekarang wordpress dengan pluginsnya yang berkembang pesat sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan CMS corporate bahkan digunakan sebagai simple shoping chart. Kelebihan lain dari CMS ini sangat mudah dioptimasi menjadi sebuah website yang search engine friendly dengan tag sistemnya, friendly url, custom meta, auto ping, sitemap dan rss-nya. Penggunaan CMS ini kami sangat sarankan untuk website berskala kecil atau website berbasis berita dan weblog.
Situs resmi WordPress
Situs resmi WordPress Bahasa Indonesia
Situs penyedia jasa blog resmi WordPress
(wikipedia)

CMS khusus untuk e-commerce :
1.osCommerce
Singkatan dari Open Source Commerce adalah online store-management software. osCommerce cenderung lebih spesific kepada penggunaan CMS sebagai eCommerce dimana menyediakan segala fasilitas standar dan fungsionaliti.
Website : Oscommerce
2. Prestashop
Bagi anda yang berniat untuk mempunyai toko online sendiri, anda dapat melihat aplikasi e-commerce opensource yang bernama prestashop. Prestashop sudah terbilang canggih dan mempunyai feature-feature web 2.0 seperti dynamic ajax dan desain yang lumayan seger. Pertama kali melihat tampilan depan anda akan terkesan dengan tampilannya yang sederhana tetapi cukup komplit. Pengoperasiannya cukup mudah bagi pengunjung ataupun administrator untuk mengikuti navigasi pada saat pencarian katalog product.
Website : Prestashop
3. Magento
Satu lagi pilihan aplikasi platform ecommerce yaitu Magento – Open Source eCommerceEvolved. Perlahan tapi pasti Magento bisa menggeser pendahulu-pendahulunya seperti OsCommerce, Joomla dengan Virtuemart-nya, dsb. Magento merupakan pemenang Best Commerce di SourceForge 2008. Walaupun proses instalasinya terhitung masih cukup sulit, tapi fitur, user interface, dan lain-lain bisa diandalkan dan lumayan keren.
Website : Magento
(abuaufa.com)

Macam-macam CMS lainnya :
1. b2evolution
b2evolution is a blog script featuring multiple blogs, categories/sub-categories, skins, search function, multiple languages, search engines friendly URLs.
Homepage: http://b2evolution.net/
b2evolution support forum

2. phpWebSite
phpWebSite is a very powerful Content Management System with document manager, announcements, menu manager, photo album, block maker, FAQ, web pages maker, polls, information categorizer, calendar, link manager, form generator.
Homepage: http://phpwebsite.appstate.edu/
phpWebSite support forum

3. phpBB
phpBB is a widely-popular open-source bulletin-board package, works well, simple user interface and admin panel, clean look, scales well, and can be customized.
Homepage: http://www.phpbb.com/
phpBB support forum

4. Simple Machines
SMF (Simple Machines Forum) Elegant. Effective. Powerful. Free. SMF is all of the above. SMF is a next-generation community software package and is jam-packed with features, while at
the same time having a minimal impact on resources.
Homepage: http://www.simplemachines.org/
SMF support forum

5. Coppermine
Coppermine is an Image Gallery system featuring categories and albums, thumbnails and intermediate size pics, search feature, new and random pictures, user management (private galleries, groups), user comments, e-cards feature, slideshow viewer.
Homepage: http://coppermine.sourceforge.net/
Coppermine Photo Gallery support forum

Demikian oleh-oleh yang bisa Kang Duta berikan, semoga bisa bermanfaat buat kita smua. Amiiinn....
Salam Dari desa................!!!!




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam-macam CMS Open Source"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top