Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Virus Komputer, Cara Kerja dan Jenisnya

Alhamdulillah.... setelah off beberapa hari karena harus terbaring "menikmati dan mensyukuri" bentuk kasih sayang Allah pada HambaNya yang diberikan kepada Kang Duta, akhirnya Kang Duta bisa bersilaturrahmi dengan kawan2 smua walau hanya lewat dunia maya sembari berbagi ilmu. Banyak email, pesan,  dan pertanyaan yang masuk baru hari ini Kang Duta buka, jadi mohon maaf kepada kawan2 kalo terlambat memberikan gambaran, solusi dan wawasannya. Artikel ini jawaban dari pertanyaan mBak Uchie di Karawang, tentang Apa itu virus, Bagaimana cara kerja virus dan jenisnya apa saja? Langsung aja ke TKP....




Virus dalam dunia komputer  adalah suatu program yang dirancang dan dibangun sedemikian rupa dengan tujuan untuk merusak system kerja pada suatu progam dalam komputer. Para pembuat virus adalah para programmer atau disebut juga hacker. Virus dibuat selain untuk tujuan di atas juga (beberapa diantaranya) untuk kepentingan ekonomi alias UANG...!. Dengan membuat virus dan virusnya bekerja dengan baik, maka biasanya para "pekerja khusus virus" ini akan membuat anti virusnya dan di komersilkan.

Dalam pengertian lain Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.


Cara kerja

Pada awalnya virus komputer itu disebar lewat dunia mala / internet. Virus bisa masuk kedalam PC, Laptop, Tablet, Ipod, HP dll melalui beberapa media perantara seperti Flashdik, Floppy, CD/DVD, Bluetooth, Micro SD, memori HP yang berisi data dan sudah terinfeksi oleh virus. (makanya hati-hati kalo mo berbagi data dengan kawan ya.....)

Virus bekerja dengan berbagai cara sesuai dengan scrip atau program yang dibuat oleh si "Penciptanya". Ada yang auto run, sehingga ketika data yang terinfeksi virus dibuka maka virus langsung menyebar keseluruh komputer, terutama di C:system. 
Ada yang membuat duplikat file, sehingga file di dalam PC/Laptop kita banyak file folder bayangan dengan nama yang sama.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras


Jenis

Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:
  • Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi. 
  • Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler
 Demikian, mBak Uchie, semoga bermanfaat bagi semua pembaca artikel ini...
Salam Dari Desa......!
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Virus Komputer, Cara Kerja dan Jenisnya"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top