Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus


REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA BARAT-- Dua guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Syamsuri dan Abdul Malik berhasil menciptakan traktor tangan multiguna. Traktor itu bisa untuk membajak, menggemburkan tanah, sekaligus menanam dalam waktu bersamaan.
Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapatan Teknologi Tepat Guna (TTG), Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Sumbawa Barat, Indra Jaya, di Taliwang, Jumat mengatakan, kegunaan peralatan pertanian itu lebih banyak dibandingkan traktor tangan yang hanya bisa digunakan untuk membajak lahan pertanian.
Pemkab Sumbawa Barat menilai teknologi alternatif yang ditemukan dua orang guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Seteluk itu merupakan teknologi tepat guna (TTG) yang bisa dikembangkan, selain karena manfaatnya banyak harganya juga relatif murah.
"Karena itu karya dua orang guru bersama para siswa SMKN 1 Seteluk itu akan dipamerkan pada lomba Penerpan TTG tingkat nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara, 12 hingga 14 Oktober 2011," katanya.
Alat pertanian multi guna itu oleh penciptanya diberi nama "Ulik" yang dalam bahasa daerah Sumbawa Barat berarti cepat. Namun untuk sementara alat tersebut baru digunakan pada lahan tanaman jagung dan jenis tanaman palawija lainnya.
Alat pertanian tersebut menggunakan mesin berkekuatan 25 PK dilengkapi empat roda. Dari sisi kegunaan berbeda dengan traktor tangan yang hanya bisa digunakan untuk membajak dan menggemburkan tanah. sementara "Ulik" berfungsi ganda dan bisa dioperasikan secara bersamaan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top