Rumah Musafir Ilmu

Tutorial,Skripsi,Download Materi, dll

Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus

Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus - Hallo sahabat Rumah Musafir Ilmu, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ringan Ria, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus
link : Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus

Baca juga


Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus


REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA BARAT-- Dua guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Syamsuri dan Abdul Malik berhasil menciptakan traktor tangan multiguna. Traktor itu bisa untuk membajak, menggemburkan tanah, sekaligus menanam dalam waktu bersamaan.
Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapatan Teknologi Tepat Guna (TTG), Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Sumbawa Barat, Indra Jaya, di Taliwang, Jumat mengatakan, kegunaan peralatan pertanian itu lebih banyak dibandingkan traktor tangan yang hanya bisa digunakan untuk membajak lahan pertanian.
Pemkab Sumbawa Barat menilai teknologi alternatif yang ditemukan dua orang guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Seteluk itu merupakan teknologi tepat guna (TTG) yang bisa dikembangkan, selain karena manfaatnya banyak harganya juga relatif murah.
"Karena itu karya dua orang guru bersama para siswa SMKN 1 Seteluk itu akan dipamerkan pada lomba Penerpan TTG tingkat nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara, 12 hingga 14 Oktober 2011," katanya.
Alat pertanian multi guna itu oleh penciptanya diberi nama "Ulik" yang dalam bahasa daerah Sumbawa Barat berarti cepat. Namun untuk sementara alat tersebut baru digunakan pada lahan tanaman jagung dan jenis tanaman palawija lainnya.
Alat pertanian tersebut menggunakan mesin berkekuatan 25 PK dilengkapi empat roda. Dari sisi kegunaan berbeda dengan traktor tangan yang hanya bisa digunakan untuk membajak dan menggemburkan tanah. sementara "Ulik" berfungsi ganda dan bisa dioperasikan secara bersamaan.


Demikianlah Artikel Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus

Sekianlah artikel Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus dengan alamat link http://bismillah-go.blogspot.com/2011/09/dua-guru-smk-ciptakan-traktor-ajaib.html
Bagikan :
+
0 Komentar untuk "Dua Guru SMK Ciptakan Traktor Ajaib, Bisa Menanam, Gemburkan Tanah dan Membajak Sekaligus"

TINGGALKAN KOMENTAR DISINI

PROVIDER HOSTING

PROVIDER HOSTING
Penyedia Layanan Hosting, Domain, Reseller Hosting Professional
 
Support By Pringsewu Host
Back To Top